Nama : Agung Hary Purnomo
Kelas : 2EA18
NPM : 10212354
STRATEGI
PENGELOLAAN KOPERASI KONSUMEN
PENDAHULUAN
Berdasarkan UU no.25 tahun
1992 tentang Perkoperasian, pasal 1 Koperasi adalah badan usaha yang
beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi yang melandaskan
kegitannya berdasar prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat
yang berdasar atas kekeluargaan.
Koperasi merupakan
usaha bersama dari sekelompok orang orang yang mempunyai kepentingan yang sama
dalam tujuan, meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Upaya pendirian koperasi
ini sangat menguntungkan masyarakat, karena koperasi dapat bermafaat untuk
mendapatkan keuntungan serta mempererat tali persaudaraan masyarakat, namun
perkembangan koperasi yang sangat terbatas dan tidak dapat bersaing dengan
jenis usaha lainnnya membuat koperasi semakin dilupakan oleh masyarakat, dari
permasalahan tersebut oleh karena itu, sebagai langkah nyata kami mahasiswa
gunadarma sepakat untuk mendirikan koperasi bersama untuk membentuk pemikiran
baru dalam masyarakat, koperasi sebagai peluang usaha dan sebagai penyedia
lapangan pekerjaan untuk masyarakat.
Dengan ini tujuan koperasi
yaitu berusaha untuk menyediakan barang barang yang
dibutuhkan para anggotanya, baik barang keperluan sehari-hari maupun
barang-barang kebutuhan sekunder yang dapat meningkatkan kesejahteraan hidup
para anggotanya, dalam arti dapat dijangkau oleh daya belinya.
LANDASAN TEORY
Berikut ini adalah landasan koperasi
Indonesia yang melandasi aktifitas koperasi di Indonesia.
·
Landasan Idiil ( pancasila )
·
Landasan Mental ( Setia kawan dan
kesadaran diri sendiri )
·
Landasan Struktural dan gerak ( UUD
1945 Pasal 33 Ayat 1 )
Menurut Said Hamid Hasan (1997 : 137)
Dikatakan bahwa “Koperasi adalah
Kumpulan dari orang-orang yang sebagai manusia secara bersama-sama bergotong
royong berdasarkan persamaan, bekerja untuk memajukan kepentingan-kepentingan
ekonomi mereka dan kepentingan masyarakat.”
Frank Robotka
Bukunya yang berjudul “ A Theory of
Cooperative “ menyakan bahwa penulis penulis Amerika serikat umumnya menerima
ide ide tentang koperasi sebagai berikut :
·
Koperasi adalah suatu bentuk badan
usaha yang anggotanya merupakan langganannya. Koperasi diorganisasikan ,
diawasi dan dimiliki oleh para anggotanya yang bekerja untuk kemanfaatan mereka
sendiri.
·
Praktek usahanya sesuai dengan
prinsip prinsip Rochdale.
·
Koperasi adalah suatu kebalikan dari
persaingan yaitu bahwa anggota lebih bersifat kerja sama daripada bersaing
diantara mereka.
·
Koperasi bukan perkumpulan modal dan
tidak mengejar keuntungan, lain dengan badan usaha bukan koperasi yang
mengutamakan modal dan berusaha mendapatkan keuntungan.
·
Keanggotaan koperasi berdasarkan
atas perseorangan bukan atas dasar modal.
RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana
strategi pemasaran (BAGI USAHA BARU)?
2. Bagaimana
teknik penentuan harga?
3. Bagaimana
cara promosi yang baik?
4. Dimana
lokasi yang strategis?
PEMBAHASAN STRATEGI
1.PROMOSI
Bertujuan :
- Menginformasikan
barang/jasa yang dihasilkan pada konsumen
- Membujuk
konsumen agar mau membeli barang/ jasa yang dihasilkan.
- Mempengaruhi
konsumen agar tertarik terhadap barang/ jasa yang kita hasilkan.
Dengan cara :
·
Promosi
penjualan (pameran)
·
Wiraniaga
(dengan produk sampel ke konsumen)
·
Pemasaran
langsung (langsung menghubungi konsumen)
·
Humas (
mempublikasikan barang melalui pamflet dsb)
2. TEKNIK
PENENTUAN HARGA
Produk baru,
bertujuan untuk :
Menghasilkan produk yang dapat diterima oleh konsumen
potensial, tidak peduli berapa banyaknya.
- Memelihara
pangsa pasar sebagai akibat tumbuhnya persaingan.
- Memperoleh
laba.
Untuk barang
konsumsi :
- Harga
dibawah pasar untuk produk yang sama
- Harga
di atas harga pasar
- Harga
sama dengan harga pasar.
3. STRATEGI
PEMASARAN (BAGI USAHA BARU)
Penetrasi pasar, dengan memperbesar volume penjualan
dan periklanan
- Pengembangan
pasar, peningkatan penjualan dengan pengenalan produk pada pasar baru.
- Pengembangan
produk, modifikasi produk yang sudah ada untuk meningkatkan penjualan.
- Segmentasi
pasar, pemasaran produk berdasarkan segmennya
4.
LOKASI YANG STRATEGIS
Perhatikan
lokasi stand kita, apabila ada didalam sebuah lingkungan tertutup jauh dari
akses jalan, maka siasati dengan papan petunjuk yang mengarah kepada stand
kita, atau coba cara kreatif versi kita yang bertujuan memperkenalkan
stand kita kepada mahasiswa.
KESIMPULAN
Dengan
ini kesimpulan dari koperasi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan
konsumsi dari seluruh mahasiswa/i ataupun orang yang ada disekitar kampus.
SARAN
Apabila ada kekurangan dari koperasi semangat
muda ini mohon agar diberitahu karena itu termasuk masukan untuk
memperkembangkan koperasi kami, dan janganlah takut untuk mencoba untuk membuat
koperasi karena dengan mencoba kita bisa tahu apa yang seharusnya apa yang
tidak bisa dilakukan orang bisa kita lakukan dengan cara bersama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar