Senin, 09 Desember 2013

PENGELOLA KOPERASI KONSUMEN



Nama              : Agung Hary Purnomo

Kelas               : 2EA18

NPM               : 10212354           

STRATEGI PENGELOLAAN KOPERASI KONSUMEN

PENDAHULUAN

Berdasarkan UU no.25 tahun 1992 tentang Perkoperasian, pasal 1  Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi yang melandaskan kegitannya berdasar prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas kekeluargaan.

Koperasi merupakan usaha bersama dari sekelompok orang orang yang mempunyai kepentingan yang sama dalam tujuan, meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Upaya pendirian koperasi ini sangat menguntungkan masyarakat, karena koperasi dapat bermafaat untuk mendapatkan keuntungan serta mempererat tali persaudaraan masyarakat, namun perkembangan koperasi yang sangat terbatas dan tidak dapat bersaing dengan jenis usaha lainnnya membuat koperasi semakin dilupakan oleh masyarakat, dari permasalahan tersebut oleh karena itu, sebagai langkah nyata kami mahasiswa gunadarma sepakat untuk mendirikan koperasi bersama untuk membentuk pemikiran baru dalam masyarakat, koperasi sebagai peluang usaha dan sebagai penyedia lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

Dengan ini tujuan koperasi  yaitu berusaha untuk menyediakan barang barang yang dibutuhkan para anggotanya, baik barang keperluan sehari-hari maupun barang-barang kebutuhan sekunder yang dapat meningkatkan kesejahteraan hidup para anggotanya, dalam arti dapat dijangkau oleh daya belinya.


LANDASAN TEORY
Berikut ini adalah landasan koperasi Indonesia yang melandasi aktifitas koperasi di Indonesia.
·         Landasan Idiil ( pancasila )
·         Landasan Mental ( Setia kawan dan kesadaran diri sendiri )
·         Landasan Struktural dan gerak ( UUD 1945 Pasal 33 Ayat 1 )

Menurut Said Hamid Hasan (1997 : 137)


Dikatakan bahwa “Koperasi adalah Kumpulan dari orang-orang yang sebagai manusia secara bersama-sama bergotong royong berdasarkan persamaan, bekerja untuk memajukan kepentingan-kepentingan ekonomi mereka dan kepentingan masyarakat.”


Frank Robotka


Bukunya yang berjudul “ A Theory of Cooperative “ menyakan bahwa penulis penulis Amerika serikat umumnya menerima ide ide tentang koperasi sebagai berikut :

·         Koperasi adalah suatu bentuk badan usaha yang anggotanya merupakan langganannya. Koperasi diorganisasikan , diawasi dan dimiliki oleh para anggotanya yang bekerja untuk kemanfaatan mereka sendiri.

·         Praktek usahanya sesuai dengan prinsip prinsip Rochdale.

·         Koperasi adalah suatu kebalikan dari persaingan yaitu bahwa anggota lebih bersifat kerja sama daripada bersaing diantara mereka.

·         Koperasi bukan perkumpulan modal dan tidak mengejar keuntungan, lain dengan badan usaha bukan koperasi yang mengutamakan modal dan berusaha mendapatkan keuntungan.

·         Keanggotaan koperasi berdasarkan atas perseorangan bukan atas dasar modal.




RUMUSAN MASALAH


1. Bagaimana strategi pemasaran (BAGI USAHA BARU)?


2. Bagaimana teknik penentuan harga?


3. Bagaimana cara promosi yang baik?


4. Dimana lokasi yang strategis?






PEMBAHASAN STRATEGI

1.PROMOSI


Bertujuan :
  • Menginformasikan barang/jasa yang dihasilkan pada konsumen
  • Membujuk konsumen agar mau membeli barang/ jasa yang dihasilkan.
  • Mempengaruhi konsumen agar tertarik terhadap barang/ jasa yang kita hasilkan.


Dengan cara :

·         Promosi penjualan (pameran)
·         Wiraniaga (dengan produk sampel ke konsumen)
·         Pemasaran langsung (langsung menghubungi konsumen)
·         Humas ( mempublikasikan barang melalui pamflet dsb)



2. TEKNIK PENENTUAN HARGA


Produk baru, bertujuan untuk :

Menghasilkan produk yang dapat diterima oleh konsumen potensial, tidak peduli berapa banyaknya.
  • Memelihara pangsa pasar sebagai akibat tumbuhnya persaingan.
  • Memperoleh laba.


Untuk barang konsumsi :
  • Harga dibawah pasar untuk produk yang sama
  • Harga di atas harga pasar
  • Harga sama dengan harga pasar.



3. STRATEGI PEMASARAN (BAGI USAHA BARU)

Penetrasi pasar, dengan memperbesar volume penjualan dan periklanan
  • Pengembangan pasar, peningkatan penjualan dengan pengenalan produk pada pasar baru.
  • Pengembangan produk, modifikasi produk yang sudah ada untuk meningkatkan penjualan.
  • Segmentasi pasar, pemasaran produk berdasarkan segmennya



4.    LOKASI YANG STRATEGIS


Perhatikan lokasi stand kita, apabila ada didalam sebuah lingkungan tertutup jauh dari akses jalan, maka siasati dengan papan petunjuk yang mengarah kepada stand kita, atau coba cara kreatif versi kita yang bertujuan  memperkenalkan stand kita  kepada mahasiswa.



KESIMPULAN

Dengan ini kesimpulan dari koperasi  bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dari seluruh mahasiswa/i ataupun orang yang ada disekitar kampus.


SARAN

Apabila ada kekurangan dari koperasi semangat muda ini mohon agar diberitahu karena itu termasuk masukan untuk memperkembangkan koperasi kami, dan janganlah takut untuk mencoba untuk membuat koperasi karena dengan mencoba kita bisa tahu apa yang seharusnya apa yang tidak bisa dilakukan orang bisa kita lakukan dengan cara bersama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar