Contoh
Kasus Perilaku Konsumen
Analisis perilaku
konsumen dalam pembelian suatu merek
Sepeda motor.
Perkembangan sepeda motor telah bertambah pesat di mana telah
banyak orang telah memerlukan produk ini, roduk ini menjadi produk yang sangat
di perlukan menjadikan produk ini berkembang pesat di pasaran. Produk sepeda
motor memasuki kehidupan masyarakat dan telah menjadi kebutuhan pokok. Bahkan
telah menjangkau ke setiap lapisan masyarakat. Hal tersebut mendorong pengusaha
yang bergerak di bidang telepon seluler untuk dapat memenuhi keinginan dan
kebutuhan konsumen akan produk telepon seluler tersebut. Perkembangan
tekhnologi menjadikan banyaknya perusahaan yang memproduksi bahkan perusahaan
Industri yang dulunya tidak memproduksi sepeda motor kini sudah memproduksi
sepeda motor. Banyaknya merek yang tersedia di pasar menjadikan persaingan yang
ada sangat ketat di antara perusahaan-perusahaan yang memproduksi sepeda motor.
Pembelian
sepeda motor oleh konsumen di lakukan dengan terlebih dahulu melalui
tahap-tahap dalam proses keputusan pembelian. Pada tahap pengenalan kebutuhan
sebagian besar konsumen menyatakan bahwa mempermudah transportasi merupakan
motivasi atau alasan utama mereka dalam membeli sepeda motor. Manfaat utama
yang di cari sebagian besar konsumen pada saat membeli sepeda motor adalah
manfaat ( fungsional ) yaitu sebagai alat transportasi ( bergerak ) yang dapat
di bawa kendarai kemana saja, setelah mengenali adanya kebutuhan akan sepeda
motor, konsumen akan melakukan tahap pencarian informasi, sebagian besar
konsumen menyatakan bahwa sumber informasi utamanya adalah teman dan banyak di
pengaruhi media cetak dan aspek yang paling di cari dari informasi itu adalah
mengenai focus perhatian pada spesifikasi yang tersedia di kendaraan sepeda
motor tersebut. Pada tahap evaluasi alternative yang menjadi pertimbangan
konsumen untuk melakukan pembelian adalah harga lalu mengidentifikasi sepeda
motor yang berkualitas adalah dengan melihat spesifikasi yang ada. Setelah
melakukan tahap evaluasi alternative, konsumen akan melakukan proses
pembelian.
Dari tahap pembelian yang telah di lakukan oleh
konsumen akhirnya sampai ke tahap evaluasi pascapembelian di mana konsumen akan
mengevaluasi apakah hasil yang di peroleh dari pembelian tersebut memuaskan
atau tidak. Dan perilaku konsumen tidak hanya berfokus pada atribut produk saja
akan tetapi masih banyak factor lainnya seperti segmen pasar yang di
tuju, lokasi atau factor budaya. Karena biasanya konsumen akan lebih
memilih tempat pembelian yang menjual produknya dengan kualitas yang terjamin,
adapun pembelian cara konsumen dalam memutuskan pembelian sepeda motor adalah
terencana di mana mereka akan menyediakan waktu khusus untuk membeli sepeda
motor tersebut.
Usaha untuk merebut segmen pasar harus selalu di lakukan dan
di perbaharui. Untuk itu perusahaan penting untuk lebih mengenal konsumen dan
berupaya memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap produk sepeda motor.
Hal ini di lakukan demi kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri. Oleh
karenanya pemasar yang baik harus dapat memperhatikan hal ini, sebab dalam
proses pembelian konsumen mempunyai pengaruh yang sangat kuat dalam menentukan
terjadinya suatu transaksi pembelian. Konsumen secara kuat di pengaruhi oleh faktor
budaya, social, pribadi, psikologis, faktor-faktor tersebut harus di
perhitungkan oleh pemasar dalam mendukung tujuan perusahaan yaitu menjual
produknya kepada konsumen.
Sumber :
http://hendridwirus.blogspot.com/2012/10/contoh-kasus-perilaku-konsumen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar