Rabu, 12 November 2014

PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK

Contoh Kasus Perilaku Konsumen

Contoh kasus perilaku konsumen dalam pemilihan merk kendaraan mobil :
 Mercedes, Chevrollet, Lexus, Honda, Toyota,  dan Nissan  adalah merk kendaraan dengan nama besar  yang memakai sistem operasi yang basis teknologi canggih. Namun seiring berjalannya waktu merk - merk yang lain pun bermunculan untuk menantang nama - nama besar perusahaan tersebut. Contoh saja dari daratan Jepang  ada  , toyota dan suzuki, dari  Korea ada  Kia. Namun pasar VVTI/mesin berteknologi canggih di seluruh dunia di pegang besar oleh vendor asal Jepang yaitu Toyota.
 Pemasaran dan marketingnya juga bagus. Maka sebab itu mobil asal negeri Jepang ini banyak di pilih oleh sebagian besar masyarakat di dunia. Hampir 50% pasar mobil VVTI  dikuasai Toyota  dan di susul oleh Honda lalu Suzuki.  Lalu contoh survei membuktikan dari 10 perusahaan yang memakai mobil VVTI ini untuk keperluan kantor, 6 memilih Toyota, 2 memilih Honda dan Suzuki, 1 lagi memilih merk lain. Kenapa orang lebih memilih Toyota? Karena kosumen dipengaruhi oleh berbagai hal. Contoh saja orang sudah memakai mobil itu sebelumnya, teman, artis dll.
  Dalam studi kasus ini, pemilihan merk mobil tersebut menunjukan bahwa konsumen memulai dengan pengenalan melalui orang lain, proses pencarian informasi, evaluasi alternative merk, keputusan pembelian dan mengevaluasi pembeliannya itu sendiri. Oleh sebab itu, faktor orang lain berpengaruh dalam menentukan perilaku konsumen dalam memilih suatu produk karena peranan dari eksternal (keadaan lingkungan dan marketing) secara bersamaan dan mempengaruhi perilaku konsumen. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar