Contoh Kasus Perilaku Konsumen
Contoh kasus perilaku konsumen dalam
pemilihan merk kendaraan mobil :
Mercedes, Chevrollet, Lexus, Honda,
Toyota, dan Nissan adalah merk
kendaraan dengan nama besar yang memakai sistem operasi yang basis
teknologi canggih. Namun seiring berjalannya waktu merk - merk yang lain pun
bermunculan untuk menantang nama - nama besar perusahaan tersebut. Contoh saja
dari daratan Jepang ada , toyota dan suzuki, dari Korea ada Kia. Namun pasar VVTI/mesin berteknologi
canggih di seluruh dunia di pegang besar oleh vendor asal Jepang yaitu Toyota.
Pemasaran dan marketingnya
juga bagus. Maka sebab itu mobil asal negeri Jepang ini banyak di pilih oleh
sebagian besar masyarakat di dunia. Hampir 50% pasar mobil VVTI dikuasai Toyota dan di susul oleh Honda lalu Suzuki.
Lalu contoh survei membuktikan dari 10 perusahaan yang memakai mobil VVTI ini
untuk keperluan kantor, 6 memilih Toyota, 2 memilih Honda dan Suzuki, 1 lagi
memilih merk lain. Kenapa orang lebih memilih Toyota? Karena kosumen dipengaruhi
oleh berbagai hal. Contoh saja orang sudah memakai mobil itu sebelumnya, teman,
artis dll.
Dalam studi kasus ini, pemilihan
merk mobil tersebut menunjukan bahwa konsumen memulai dengan pengenalan
melalui orang lain, proses pencarian informasi, evaluasi alternative merk,
keputusan pembelian dan mengevaluasi pembeliannya itu sendiri. Oleh sebab itu,
faktor orang lain berpengaruh dalam menentukan perilaku konsumen dalam memilih
suatu produk karena peranan dari eksternal (keadaan lingkungan dan marketing)
secara bersamaan dan mempengaruhi perilaku konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar