Rabu, 24 Desember 2014

Perilaku Konsumen

Pengertian Perilaku Konsumen sebagai proses pengambilan keputusan  dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam  proses mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau dapat mempergunakan  barang-barang dan jasa. David L. Loudon & Albert J. Della Bitta (1984:6)
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen :
1.      Kekuatan Budaya
         Budaya
            Kumpulan nilai-nilai persepsi, keinginan dan tingkah laku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
         Sub Budaya
            Sekelompok orang yang mempunyai sistem nilai sama berdasarkan pada pengalaman hidup dan situasi
            (Nasionalisme, agama, kelompok ras dan wilayah geografis)
         Kelas Sosial
            Divisi masyarakat yang relatif permanen dan teratur dengan para anggotanyamenganut nilai-nilai, minat, dan tingkah laku yang serupa.

2.      Kekuatan Faktor Psikologis
         Motivasi
            Kebutuhan yang cukup menekan untuk mengarahkan seseorang mencari cara untuk memuaskan kebutuhan tadi.
         Persepsi
            Proses yang dilalui seseorang dalam memilih, mengorganisasikan dan menginterpretasikan informasi guna membentuk gambaran yang berarti mengenai dunia.
     Perhatian Selektif
            Kecenderungan bagi manusia untuk menyaring sebagian besar informasi yang mereka hadapi
     Distorsi Selektif
            Kecenderungan seorang untuk menginterpretasikan informasi dengan cara yang akan mendukungapa yang telah mereka yakini.
     Ingatan Selektif
            kecenderungan untuk mengingat informasi yang mendukung sikap dan keyakinan mereka.
         Pengetahuan
            Perubahan dalam tingkah laku individual yang muncul dari pengalaman
         Keyakinan dan Sikap
     Keyakinan
            Pemikiran deskriptif yang dimiliki seseorang mengenai  sesuatu
     Sikap
            Evaluasi Perasaan dan kecenderungan dari seseorang terhadap suatu obyek atau ide yang relatif konsisten

3.      Sosial
         Kelompok Acuan
            Berfungsi sebagai titik perbandingan atau acuan langsung atau tidak langsung dalam membentuk sikap atau tingkah laku seseorang
     Kelompok Aspirasional                      
            Merupakan kelompok yang diincar oleh seseorang agar dapat masuk kedalamnya.
     Pemuka Pendapat
            Orang yang dalam kelompok acuan yang karena ketrampilannya, pengetahuan, kepribadian yang spesial memberi pengaruh pada yang lain.
         Keluarga
            Organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat.
         Peran dan Status
     Peran 
            Aktivitas yang diharapkan dilakukan seseorang menurut orang-orang yang ada disekitarnya.
     Status
            Mencerminkan penghargaan yang diberikan oleh masyarakat

4.      Konsep Diri
         Umur dan Tahap Daur Hidup
            Tahap Daur Hidup Keluarga : tahap-tahap yang mingkin dilalui oleh keluargasesuai dengan kedewasaannya.
         Pekerjaan
            Pekerjaan seseorang akan mempengaruhi pembelian barang dan jasa.
         Situasi Ekonomi
            Situasi perekonomian seseorang : pendapatan pribadi, tabungan
         Gaya Hidup
            Pola kehidupan seseorang yang diwujudkan dalam aktivitas, minat dan opini.
         Kepribadian dan Konsep Diri
     Karakteristik psikologi unik yang menyebabkan respon yang relatif konsisten dan bertahan lama terhadap lingkungan dirinya sendiri
     Dasar Pemikiran Konsep diri : apa yang dimiliki seseorang memberikan kontribusi pada dan mencerminkan identitas mereka


eaa303.weblog.esaunggul.ac.id/.../Pertemuan_4



Tidak ada komentar:

Posting Komentar