Pengertian Perilaku
Konsumen sebagai proses pengambilan keputusan
dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam proses mengevaluasi, memperoleh, menggunakan
atau dapat mempergunakan barang-barang
dan jasa. David L. Loudon & Albert J. Della Bitta (1984:6)
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
:
1. Kekuatan Budaya
•
Budaya
Kumpulan
nilai-nilai persepsi, keinginan dan tingkah laku yang dipelajari oleh seorang
anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
•
Sub
Budaya
Sekelompok
orang yang mempunyai sistem nilai sama berdasarkan pada pengalaman hidup dan
situasi
(Nasionalisme, agama, kelompok ras
dan wilayah geografis)
•
Kelas
Sosial
Divisi
masyarakat yang relatif permanen dan teratur dengan para anggotanyamenganut
nilai-nilai, minat, dan tingkah laku yang serupa.
2. Kekuatan Faktor Psikologis
•
Motivasi
Kebutuhan
yang cukup menekan untuk mengarahkan seseorang mencari cara untuk memuaskan
kebutuhan tadi.
•
Persepsi
Proses
yang dilalui seseorang dalam memilih, mengorganisasikan dan menginterpretasikan
informasi guna membentuk gambaran yang berarti mengenai dunia.
– Perhatian Selektif
Kecenderungan
bagi manusia untuk menyaring sebagian besar informasi yang mereka hadapi
– Distorsi Selektif
Kecenderungan
seorang untuk menginterpretasikan informasi dengan cara yang akan mendukungapa
yang telah mereka yakini.
– Ingatan Selektif
kecenderungan
untuk mengingat informasi yang mendukung sikap dan keyakinan mereka.
•
Pengetahuan
Perubahan
dalam tingkah laku individual yang muncul dari pengalaman
•
Keyakinan dan
Sikap
– Keyakinan
Pemikiran
deskriptif yang dimiliki seseorang mengenai
sesuatu
– Sikap
Evaluasi
Perasaan dan kecenderungan dari seseorang terhadap suatu obyek atau ide yang
relatif konsisten
3. Sosial
•
Kelompok
Acuan
Berfungsi
sebagai titik perbandingan atau acuan langsung atau tidak langsung dalam
membentuk sikap atau tingkah laku seseorang
– Kelompok Aspirasional
Merupakan
kelompok yang diincar oleh seseorang agar dapat masuk kedalamnya.
– Pemuka Pendapat
Orang
yang dalam kelompok acuan yang karena ketrampilannya, pengetahuan, kepribadian
yang spesial memberi pengaruh pada yang lain.
•
Keluarga
Organisasi
pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat.
•
Peran dan
Status
– Peran
Aktivitas
yang diharapkan dilakukan seseorang menurut orang-orang yang ada disekitarnya.
– Status
Mencerminkan
penghargaan yang diberikan oleh masyarakat
4. Konsep Diri
•
Umur dan Tahap
Daur Hidup
Tahap
Daur Hidup Keluarga : tahap-tahap yang mingkin dilalui oleh keluargasesuai
dengan kedewasaannya.
•
Pekerjaan
Pekerjaan
seseorang akan mempengaruhi pembelian barang dan jasa.
•
Situasi
Ekonomi
Situasi
perekonomian seseorang : pendapatan pribadi, tabungan
•
Gaya Hidup
Pola
kehidupan seseorang yang diwujudkan dalam aktivitas, minat dan opini.
•
Kepribadian
dan Konsep Diri
– Karakteristik psikologi unik yang menyebabkan respon
yang relatif konsisten dan bertahan lama terhadap lingkungan dirinya sendiri
– Dasar Pemikiran Konsep diri : apa yang dimiliki seseorang
memberikan kontribusi pada dan mencerminkan identitas mereka
eaa303.weblog.esaunggul.ac.id/.../Pertemuan_4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar