PENDEKATAN KOGNITIF UNTUK MEMPERSUASI
•
Ketika
konsumen mengatakan bahwa produk tertentu itu baik atau buruk, besar atau
kecil, panas atau dingin, mahal atau murah, mereka melakukannya dengan beberapa
produk perbandingan dalam pikiran à
Jadi marketer
harus mencari cara untuk membuat konsumen membandingkan produk mereka.
•
Penilaian adalah relatif: Seberapa baik atau seberapa buruk produk
tampaknya tergantung
pada satu titik pandang atau titik perbandingan.
•
Prinsip
penilaian relatif memiliki implikasi penting bagi persuasi.
•
Prinsip penilaian relatif memiliki
implikasi penting untuk persuasi: Jika Anda ingin konsumen percaya produk Anda
adalah kualitas tinggi, Anda harus mendapatkan mereka untuk membandingkan
produk Anda dengan satu yang lebih rendah dalam kualitas.
•
Prinsip kognitif lain yg terkait dg
penilaian atribusional atau inferensi kausalà Atribusi kausal
atau pertimbangan “mengapa” mempunyai pengaruh penting pd keefektifan
pengiklanan à
Oleh krn itu penting utk memahami faktor2 utama yg mempengaruhi atribusi
kausal.
Teori-Teori Penilaian Perbandingan
•
Teori2 utama dr penilaian relatif
(perbandingan) adalah teori level adaptasi, steori penilaian sosial dan teori
perspektif à
melibatkan pemikiran dan alasan
komparatif.
•
Teori2 utama penilaian atribusi adalah teori
persepsi diri, Prinsip kovarianKelley’s dan skema kausal Kelley’s à
melibatkan alasan kausal dan mendeteksi pekerjaan utk menjawab pertanyaan
“mengapa”
•
Kedua jenis penilaian adalah kognitifà
melibatkan proses berpikir dan beralasan.
Ø Teori Level Adaptasi
1. Produk yang sama bisa baik atau buruk tergantung pada apa
yang dibandingkan dengan.
2. Titik perbandingan juga dikenal sebagai titik acuan,
jangkar, atau peningkatan standar perbandingan
3. Ketika sebuah objek target dinilai dalam konteks
rangsangan yang sangat menarik beberapa objek target tampaknya kurang menarik.
4. Ketika sebuah objek target dinilai dalam konteks
rangsangan sangat tidak menarik beberapa objek target tampaknya lebih menarik.
Obyek target kontras atau beralih dr titik referensi à
Efek kontras
Ø Teori Penilaian Sosial
•
Efek kontras hanya salah satu tipe
dari konteks efek à teori level adaptasi hanya dpt menjelaskan efek
kontras à sebuah teori yang berbeda diperlukan untuk menjelaskan jenis-jenis efek
konteks.
Ø Teori
Perspektif
•
Hal
lain referensi adalah salah satu interpretasi dari titik akhir dari skala
penilaian: konsumen sering diminta untuk mengevaluasi produk pada skala
penilaian mulai dari 0 (sangat buruk) sampai 10 (sangat baik)
à
menafsirkan titik akhir dari skala penilaian memiliki
pengaruh penting pada peringkat konsumen.
•
Efek
interpretasi Skala juga disebut sebagai efek bahasa respon, atau efek
pengukuran à mengacu pada pergeseran dalam penilaian karena cara orang
menafsirkan rating (pengukuran) skala.
www.fia.unipdu.ac.id/index.php/artikel/download/_item/44-bab%207.ppt
Tidak ada komentar:
Posting Komentar